Hasil Survey Pemahaman Keagamaan Masyarakat (oleh Depag)

Hari sabtu kemarin, aku mendapat tugas dari perusahaan untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh Litbang Depag (Balai Penelitian dan Pengembangan Departemen Agama). Seminar tentang hasil survey literatur keagamaan dan pemahaman keagamaan masyarakat tersebut diselenggarakan di hotel Alia Cikini. Jakarta.
Sebenarnya malas ikut seminar, apalagi waktunya yang semestinya bisa aku buat untuk istirahat (sabtu hanya masuk setengah hari saja), tetapi karena sudah tugas dan kepengin tahu seminar tentang apa akhirnya aku dan seorang kawan ikut berangkat ke seminar itu.
Ternyata, materinya adalah pemaparan dari Litbang Depag atas hasil survey yang mereka lakukan (filenya dapat dilihat di attachment). Survey seperti ini sebenarnya masih banyak celahnya dan pertanyaan yang diajukan oleh surveyor masih sangat rancu. Antara lain ada pertanyaan tentang buku apa yang pernah dibaca oleh responden. Hasilnya, yang terbanyak ketiga adalah Usamah bin Laden. Padahal Usamah sama sekali belum pernah menerbitkan buku, lalu dari mana para responden membaca buku karya Usamah? Dari Hongkong? J Juga ada survey yang menyatakan bahwa pengarang terfavorit di Aceh dan Sumatra adalah Nur Kholis Majid yang mengungguli Aa Gym, Qurais Syihab, bahkan Hamka. Kenapa kok tidak ada nama Faudzil Adzim, Helvi Tiana, Habiburrahman Syairozi, atau Saifuddin Zuhri, dll? Dalam hati, saya merasa ada yang tidak beres, apalagi yang mengepalai survey adalah orang-orang dari Paramadina. Wah kayaknya ada titipan nih.
Namun bagaimana pun juga saya perlu memberi apresiasi kepada mereka tentang pekerjaan yang telah mereka lakukan (meskipun biasanya kayak begini adalah proyek yang ujung2nya uang). Selain itu saya juga berterima kasih karena panitia menyelenggarakan acara ini di hotel sekaligus menyediakan makanan enak apalagi pulangnya dikasih amplop (Sssst ini rahasia lho)

Tentang yasir maqosid

Dilahirkan di Kota Pekalongan. Mengenyam pendidikan sarjana di Al-Azhar Mesir, selanjutnya meneruskan sampai jenjang Magister di IAIN Pekalogan. Aktifitas mengajar di STAIN Pekalongan, Majlis Ta'lim At-Tafaqquh dan Program TV Batik dalam acara "Rohani Islam"
Pos ini dipublikasikan di curhat dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Hasil Survey Pemahaman Keagamaan Masyarakat (oleh Depag)

  1. ahul berkata:

    walah walah walah, enak tu diundang gitu2 terus tinggal makan enak ma dapet amplop he2.. kapan ya proyeknya ada lagi… ikut dong he2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s