Khutbah Idul Adha: Ibadah Qurban Sebagai Bentuk Pengorbanan dalam Islam

اللهُ اَكبَرْ ٩ ×

اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لله كثيرا وسبحان الله بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ

اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلَ لِلْمُسْلِمِيْنَ عْيدَ اْلاَضْحَى بَعْدَ وقوف الحجاج بالعرفة وغفر

اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمَلِك القهار وَاَشْهَد اَنَّ سَيِّدَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سيد الأبرار

اللهُمَّ صَلِّ وسلِّم عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ سادة الأخيار

اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Allahu Akbar 3x

Sejarah qurban dan ibadah haji tidak dapat dilepaskan dari peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam. Beliau merupakan Abul Anbiya` (Bapak para Nabi) yang memiliki ketauhidan yang mantap. Pada saat remaja beliau sudah diuji oleh Allah untuk mengorbankan dirinya sendiri yaitu pada peristiwa ketika beliau menghancurkan berhala-berhala yang disembah kaumnya. Dengan perbuatannya ini, maka kaumnya kemudian melemparkan Nabi Ibrahim ke api yang sangat panas. Namun Nabi Ibrahim Alaihissalam tidak gentar, beliau menghadapi hal itu dengan bertawakkal kepada Allah Swt sehingga Allah memberikan pertolongannya dengan menjadikan api dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim Alaihissalam.

Ujian selanjutnya adalah Nabi Ibrahim AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk menempatkan istri dan anaknya, yaitu Siti Hajar dan Ismail AS yang masih kecil, di suatu lembah yang tandus, gersang, dan tidak ada pepohonan. Ujian keimanan ini dilaksanakan Nabi Ibrahim dengan kerelaan sambil memohon kepada Allah SWT dengan berdoa,

ربنا إني أسكنت من ذريتي بواد غيرذي زرع عند بيتك المحرم

Setelah ditinggal oleh suaminya, yaitu Nabi Ibrahim, Siti Hajar yang kehabisan air minum hingga tidak bisa menyusui Ismail yang masih bayi, lalu mencari air kesana-kemari sambil berlari-lari kecil antara bukit Sofa dan Marwah sebanyak 7 kali (sekarang menjadi rukun haji yang disebut Sa’i). Lalu Allah mengutus malaikat Jibril membuat mata air Zamzam untuk keperluan Siti Hajar dan anaknya Ismail, dan air itu memancar terus dari dulu hingga sekarang, dikuras jutaan manusia dan tidak pernah kering.

Berkat doa Nabi Ibrahim itu maka Allah menjadikan Kota Makkah yang gersang dan tandus itu menjadi penuh dengan buah-buahan, bermacam-macam makanan, sebagaimana yang dapat disaksikan oleh para jamaah haji yang sekarang berada di Makkah. Makkah juga menjadi tujuan kecondongan hati setiap kaum Muslimin untuk bisa menziarahinya dengan melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Jama’ah Idlul Adha rahimakumullah….

Setelah Nabi Ibrahim lulus ujian kedua, maka datang ujian dan cobaan yang sangat berat. yaitu datangnya perintah Allah untuk menyembelih putra kesayangannya, Nabi Ismail. Allah menguji iman dan ketauhidan Nabi Ibrahim melalui mimpinya yang haq, agar dia mengorbankan putranya (Ismail) yang kala itu masih berusia 7 tahun.

Ismail adalah anak sudah lama ditunggu kehadirannya oleh Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim baru memiliki anak setelah berusia 100 tahun, dan setelah anak itu mulai beranjak besar dia harus dikorbankan dan disembelih dengan menggunakan tangannya sendiri. Peristiwa qurban yang spektakuler ini dikisahkan dalam al-Qur’an surat al-saffat ayat 102.

… قال يبني إني أرى في المنام أني أذبحك فانظر ماذا ترى قال يأبت افعل ماتؤمر ستجدني إن شاء الله من الصابرين

Allahu Akbar 3x

Ketika keduanya siap untuk melaksanakan perintah Allah. Iblis datang menggoda sang ayah, sang anak, dan sang ibu silih berganti. Akan tetapi Nabi Ibrahim, Siti hajar dan Nabi Ismail tidak tergoyah oleh bujuk rayu iblis yang menggoda agar membatalkan niatnya. Mereka tidak bergeming sedikitpun dan tetap berpendirian teguh untuk melaksanakan perintah Allah, sehingga Nabi Ibrahim mengusir iblis dengan melempari batu juga diikuti oleh Siti Hajar dan Ismail. Peristiwa pelemparan batu untuk iblis itu, kemudian menjadi salah satu rangkaian wajib haji yakni melempar jumrah.

Setelah iblis pergi, Nabi Ibrahim segera melaksanakan perintah Allah untuk menyembelih Ismail yang telah siap dengan penuh tawakkal (pasrah) karena pendidikan ketauhidan yang diajarkan oleh ayahnya. Dengan izin Allah, Ismail tidak tergores sedikitpun oleh pedang yang digunakan oleh Nabi Ibrahim. Kemudian Allah menyuruh menghentikan langkahnya untuk tidak menyembelih Ismail, karena Allah telah meridloi mereka berdua yang pasrah (tawakkal) kepadaNya. Sebagai ganti atas keikhlasan mereka, maka Allah memberikan gelar kekasih Allah (kholilullah) kepada nabi Ibrahim, serta menebusnya dengan penyembelihan seekor kambing, sebagaimana diterangkan dalam al-Qur’an surat as-Saffat ayat 107-110:

وفدينه بذبح عظيم , وتركنا عليه في الأخرين , سلم على إبرهيم , كذلك نجزي المحسنين

Jama’ah Idul Adha yang dimulyakan Allah….

Peristiwa bersejarah yang telah dialami oleh Nabi Ibrahim dalam mengorbankan putranya Ismail itulah yang kemudian menjadi titik awal pertama syariat kurban (Idul Qurban). Qurban yang diperintahkan kepada kita sekarang tidak lagi menyembelih anak kita, tidak mengorbankan diri kita, tidak mengorbankan istri kita, tetapi cukup dengan menyembelih binatang ternak, seperti kambing, domba, sapi, kerbau ataupun onta.

 

Pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang tercatat dalam sejarah umat manusia itu, memiliki makna yang sangat besar dan manfaat yang luar biasa. Karena dari sejarah Nabi Ibrahim itu, lahirlah kota Makkah dan bangunan Ka’bah sebagai qiblat umat Islam seluruh dunia. Disamping itu sumber air zam-zam sebagai tonggak jasa seorang ibu dan anaknya yang sangat sabar, tabah, dan bersahaja (Siti Hajar dan Ismail) kini air zamzam tidak pernah kering, sejak ribuan tahun yang silam, sekalipun setiap harinya dikuras oleh jutaan umat Islam.

 

Allahu Akbar 3x

Pada akhir khutbah ini, kiranya dapat diambil pelajaran dari peristiwa tersebut di atas, antara lain:

Pertama, Nabi Ibrahaim telah memberikan contoh kepada kita tentang pengorbanan dalam agama, beliau siap mengorbankan dirinya sendiri ketika menghancurkan berhala dengan kampak dengan konsekuensi dimasukkan ke dalam api oleh kaumnya. Beliau juga siap berkorban untuk menjalankan perintah Allah dengan meninggalkan istrinya Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail di sebuah lembah yang gersang dan tandus. Beliau juga siap berkorban untuk melaksanakan perintah Allah SWT yaitu menyembelih putranya sendiri, Nabi Ismail. Setelah Nabi Ibrahim siap mengorbankan segalanya demi Allah SWT maka beliau diberi gelar Kholilullah (kekasih Allah) yaitu orang yang mendapatkan kecintaan sebenar-benarnya dari Allah. Dengan demikian, setiap ujian dan cobaan dari Allah meskipun dianggap sebagai sesuatu yang berat itu, tujuannya tidak lain adalah untuk mengangkat derajat hamba-Nya.

 

Kedua, Karena pendidikan agama dan ketauhidan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim dan Siti Hajar kepada anaknya, maka Nabi Isma’il tumbuh menjadi seorang anak yang taat kepada orang tua, dan keyakinan kuat terhadap Allah SWT, dia juga siap mengorbankan dirinya untuk melaksanakan perintah Allah, karena yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan hamba-Nya yang bertakwa. Oleh karena itu, pelajaran bagi kita semua adalah mendidik anak-anak kita, keluarga kita, dan orang-orang yang ada dalam tanggungan kita dengan ilmu agama, supaya mereka memiliki keyakinan yang kuat terhadap kebesaran Allah dan supaya mereka siap menjalankan perintah Allah walaupun dianggap sebagai sesuatu yang berat.

Ketiga, Siti Hajar istri Nabi Ibrahim telah memberikan contoh sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab, sabar, tabah dan bersahaja. Karena demi menjalankan perintah Allah, Siti Hajar siap berkorban dengan menerima keputusan Nabi Ibrahim secara ikhlas, tidak pernah mengeluh, tidak pernah menuntut, juga tidak pernah putus asa dalam berjuang untuk mendidik dan membesarkan putranya Ismail.

Keempat, Nabi Ibrahim dan Siti Hajar, dan Nabi Isma’il telah memberikan contoh kepada kita bahwa dengan berkorban di jalan Allah, maka Allah akan memberikan ganti yang lebih baik lagi. Karena pengorbananya, Nabi Ibrahim telah mendapat gelar Khalilullah, Nabi, Rasul dan Ulul Azmi. Karena pengorbanannya, maka Siti Hajar menjadi istri solehah yang mana peristiwa mencari air diabadikan menjadi ibadah sa’I yang wajib dilaksanakan setiap haji. Karena pengorbanannya, maka Nabi Isma’il menjadi seorang Nabi dan bersama ayahnya dapat membangun Ka’bah yang menjadi Kiblat umat Islam hingga hari kiamat.

Kelima, Kita mencoba untuk meneladani pengorbanan mereka yang telah sukses di dunia dan akhirat, dengan melaksanakan ibadah qurban, menyembelih hewan qurban yang waktunya dari mulai sekarang hingga tenggelamnya matahari pada tanggal 13 Dzul Hijjah atau hari Rabu nanti. Kita juga siapkan diri, harta, tenaga, pikiran, dan anugerah yang telah diberikan Allah untuk kita korbankan, kita persembahkan di jalan Allah. Dengan itu, Allah akan memberikan kepada kita ganti yang lebih baik lagi, derajat kita akan diangkat Allah, rezeki kita akan semakin lapang, keluarga kita akan semakin shalih, dan doa-doa kita akan dikabulkan Allah SWT. Amin ya robbal alamin.

 

أعوذ بالله من الشيطن الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم

إناأعطيناك الكوثر فصل لربك وانحر إن شانئك هو الأبتر

بارك الله لي ولكم في القرأن العظيم ونفعني وإياكم بمافيه من الأيات والذكر الحكيم وتقبل مني ومنكم تلاوته إنه هو السميع العليم, فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

 

KHUTBAH KEDUA

اللهُ اَكبَرْ 7 ×

اللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالحَمْدُ لله كثيرا وسبحان الله بُكْرَةً وَأصِيْلاً لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ

اللهُ اَكْبَرْ وَ للهِ اْلحَمْدُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

أَشْهَدُ أنْ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، وأشهدُ أنَّ مُحَمَّدًا عبْدُه ورَسُولُه.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا * يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

اللَّهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ وسَلّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنْ خُلَفَائِهِ الرَّاشِدِيْنَ، وَعَنْ أَزْوَاجِهِ أُمَّهَاتِ المُؤْمِنِيْنَ، وَعَنْ سَائِرِ الصَّحَابَةِ أَجْمَعِيْنَ، وَعَنْ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، وَعَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدُّعَاءِ.

اللَّهُمَّ أَعِزَّ الإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَوَحِّدِ اللَّهُمَّ صُفُوْفَهُمْ، وَأَجْمِعْ كَلِمَتَهُمْ عَلَى الحَقِّ، وَاكْسِرْ شَوْكَةَ الظَّالِمِينَ، وَاكْتُبِ السَّلاَمَ وَالأَمْنَ لِعِبادِكَ أَجْمَعِينَ

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنَّا لِسَانًا صَادِقًا ، وَقَلْبًا خَاشِعًا ، وَعَمَلاً صَالِحًا ، وَعِلْمًا نَافِعًا ، وَإِيْمَانًا رَاسِخًا ، وَيَقِيْنًا صَادِقًا ، وَرِزْقًا حَلاَلاً طَيِّبًا وَاسِعًا، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ.

اللَّهُمَّ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِ السَّمَاء وَأَخْرِجْ لَنَا مِنْ خَيْرَاتِ الأَرْضِ، وَبَارِكْ لَنَا في ثِمَارِنَا وَزُرُوْعِنَا وكُلِّ أَرزَاقِنَا يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ. اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى.

رَبَّنَا آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ :إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي القُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Tentang yasir maqosid

Dilahirkan di Kota Pekalongan. Mengenyam pendidikan sarjana di Al-Azhar Mesir, selanjutnya meneruskan sampai jenjang Magister di IAIN Pekalogan. Aktifitas mengajar di STAIN Pekalongan, Majlis Ta'lim At-Tafaqquh dan Program TV Batik dalam acara "Rohani Islam"
Pos ini dipublikasikan di Dakwah, Khutbah dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s