Profilku

Aku dilahirkan tanggal 14 April 1980 di Kota Santri, Pekalongan, kota yang terkenal dengan kaum sarungannya. Pada waktu itu, orang sarungan ke pasar bukanlah sesuatu yang aneh, justru aneh jika menghadiri acara-acara seperti walimahan, dan kenduri tidak memakai sarung. Tahun 1986 menempuh pendidikan formal di Sekolah Dasar Negeri Kradenan 01. Sedangkan untuk membekali ilmu agama, orangtua memasukkanku ke Madrasah “Ar-Ridhwaniyah” yang letaknya sekitar 1 Km dari rumah. Selepas tamat SD tahun 1992, kemudian ikut paman mondok di Pondok Pesantren “Al-Falah” Ploso Mojo Kediri. Selain mondok, juga sekolah SMPN Mojo dan alhamdulillah lulus tahun 1995. Selesai pendidikan formal di SMP kemudian meneruskan mengaji di Ploso sembari mengikuti Pendidikan Aliyah hingga tamat pada tahun 2000. Guna meningkatkan kemampuan bahasa Arab terutama percakapan, aku melanjutkan sekolah di LPBA Sunan Ampel Surabaya (2000-2002), yang menyelenggarakan program D II bidang bahasa dan sastra Arab. Pada bulan Mei 2002, Depag menyelenggarakan seleksi beasiswa bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Al-Azhar Mesir. Alhamdulillah aku termasuk salah satu dari 90 calon mahasiswa yang beruntung, dan pada bulan November 2002 rombongan kami diberangkatkan ke Mesir. Mesir merupakan gudang ilmu, di sinilah dunia terjemah mulai kurintis, tepatnya pada bulan Mei tahun 2005. Dan hingga tahun 2006 sebelum pulang ke Indonesia—alhamdulillah—sudah ada sekitar 14 buku yang berhasil aku terjemahkan dari bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia. Sedangkan pada tahun 2007 hingga 2009 bekerja sebagai editor di penerbit buku Islam, Pustaka Al-Kautsar. Buku dan tulis menulis mungkin sudah menjadi bagian dari hidupku yang telah ditentukan oleh Allah yang Maha Mengatur segala sesuatu. Sekarang aku sudah berada di tanah kelahiranku untuk latihan berdakwah tertutama mengasuh program TV Rohani Islam Batik TV

24 Balasan ke Profilku

  1. nurcha berkata:

    terima kasih sudah mampir ….
    sekarang aku berkunjung ke tempatmu ….

  2. yasir maqosid berkata:

    Terima kasih atas kunjungannya.

  3. anita berkata:

    Bravo untuk kamu buat aku penerbit Pustaka Al-Kausar sudah nggak asing lagi ditelinga,kalo nggak salah pemiliknya itu Bpk. Bawazir, tapi betul ga sih,,he..he..so tau yach.yang penting referensiin aku aja buat cetakanya. tau kan (Anita,PT. Tama Print Indonesia,,0817-48-999-10). Salam…….

  4. yasir maqosid berkata:

    Benar, pemilik Pustaka Al-Kautsar adalah Bpk. Tohir Bawazir, salam kenal juga.

  5. rizal berkata:

    chayo trs kang ……………………….cairo

  6. rizal berkata:

    klo yang sudah pernah jadi mahasiswa cairo, ana yakin antum pasti bisa………………maju tr

  7. fathma 'aly berkata:

    salamuLLAH lakum ya katib…

    antum mutakharrijin al-azhar, shah?

    hal satasytarik kaman fi imtihan ila ahgaf?
    bas, ya leeh?
    bilgad, inta mughtahid awy fi tholab el-‘ilm

    isytaraktu gholash fi imtihan ila al-azhar mashr, wa naghahtu fih, bas, ma istamrartusy, wa ba’aitu ana ikoon thalbah fi UIN syahid,
    ana bahtagh du’aak ya shahby el-ghedid

    ALLAH Yunaggahak fi kella imtihan hayatna..
    aamiin.

    salam ta’zhim

    fathma

  8. ndelon berkata:

    Salam kenal juga. terima kasih atas kunjungan ke blog saya.

  9. Ridho berkata:

    Hayya bak ya yaseer… Ana mo tanx ttg beasiswa k mesir yg kyk nt,gratis brgkt,bulanan,tiket plg jg tersedia stlh lulus nanti…Klo lnjt s2 ad gak yaa…?

  10. HIKMAH TRAVELS berkata:

    salam,
    salam sukses selalu. teruslah berusaha untuk hidup lebih baik…masih di jakarta.. silahkan mampiur..

    regard,
    slamet riyadi

  11. yasir maqosid berkata:

    @fathma ‘aly
    Atamanna laki An-Najah wattaufiq

    @Ridho
    Untuk beasiswa S1 dan S2 di Mesir selalu diadakan setiap tahun. Semua biaya pemberangkatan, termasuk beasiswa bulanan dan tiket pulang setelah lulus, ditanggung pihak Al-Azhar. Kewajiban kita hanyalah belajar dan naik kelas, kalau nggak naik kelas beasiswanya dipotong. Untuk pendaftaran beasiswa Al-Azhar bisa dilihat di situs http://www.ditpertais.net

    @Hikmah Travels
    Insya Allah nanti pengen silaturrahmi ke sana. Kebetulan saya nulis buku tentang panduan bagi jamaah haji dan umroh, siapa tahu nanti bisa bekerjasama.

  12. yasir maqosid berkata:

    @rizal
    Doakan saja

    @ndelon
    Sama-sama.

    @ressay
    Wah saya nggak tahu dech masalah kayak gitu.

  13. HIKMAH TRAVELS berkata:

    salam, ikut pesta buku jakarta..

  14. yasir maqosid berkata:

    @ Hikmah

    Ya nih, juga ikut lombanya .

  15. zaimah berkata:

    Alhamdulillah…
    Allah telah memberi kesempatan terindah kepada akhi…
    alangkah lebih indah lagi jika akhi dapat berbagi dengan ikhwan dan akhwat kita yang berkeinginan untuk menuntut ilmu ke negeri fir’aun…
    dengan berbagi kesan dan saran..
    mungkin jika akhi berkenan memberi kabar ttg study disana…
    tolong kirim ke email ana.. za_dhein@yahoo.com
    kuntu mutasyakkirah ‘ala ihtimamikum…

  16. nurdiyanti berkata:

    assalamu’alaykum..

    blognya menarik…

    hamasah

  17. nurul huda haem berkata:

    salamullah alaik
    al-hamdulillah bisa ketemu sesama alumni ploso ya…salam

  18. yasir maqosid berkata:

    alhamdulillah terima kasih telah bersedia berkunjung

  19. SLAMET HIKMAH berkata:

    aa. pakhbr ustadz yassir maqosid, PT IKMAH SAKTI PERDANA sabtu pagi ini (09.00 WIB ) ana ada manasik di Hotel Sofyan Cikini, silahkan kalo antum akan hadir dalam acara tersebut.

    wassalam, slamet riyadi | 021 71421 88

  20. Poetrizen berkata:

    Ini cow/cew to?k’ aq g knal klo cew?q kan alumnus ploso juga.n d tahun yang sama jg lu2snya
    mampir n berkunjung k blog q ya..

  21. Siswoyo berkata:

    Aslmlkm. Hai shobat msh ingat ma aq temen di SMP Negri 1 Mojo ngak aq Siswoyo tlg telf aq di 085393052257 Wassalam.

  22. firdan01 berkata:

    مع النجاح يا أخي, نحن من نفس المعهد في معهد تعليم اللغة العربية التابع للمسجد الأكبر سونن أمبيل, ولكن أسفة لا أعرفك🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s